Tuesday, December 3, 2013

HARUSKAH KU JANDA TUJUH KALI?

Tinggal di sebuah kampung yang sangat terpencil dan jauh dari kota. Aku tinggal bersama ibu dan ayahku, kami hidup serba kekurangan karena ayahku hanya seorang petani. Aku sempat mengenyam sekolah dasar gingga kelas 4 sd namun sayang aku terpaksa harus berhenti sekolah karena orang tuaku tidak ada biaya lagi untuk menyekolahkanku. Tapi aku sangat bersyukur karena sudah bisa membaca dan menulis. Sejak putus sekolah, akupun membantu ayah dan ibuku ke sawah untuk menanam padi dan bermacam-macam sayur mayur kebutuhan kami sehari hari di sedikit lahan yang di pinjamkan oleh tetangga kami yang prihatin dengan keadaan kami. Kamipun tinggal di sebuah gubuk dekat sawah dan ladang yang kami garap. Gubuk yang berukuran 5x7 meter itu beralaskan tanah dan berdinding bambu. Kami tidur di ruang tengah antara dapur dan ruang tamu. Dari hasil sawah dan kebun sebagian di sisihkan Ibu untuk membeli kebutuhan pokok yang tidak bisa kami tanam sendiri, seperti minyak goreng, minyak tanah, gila, teh, kopi dan lain-lain. Aku masih ingat saat itu aku selalu menanti datangnya hari Raya Idul Fitri karena saat itu kami banyak mendapat sumbangan dari keluarga yang cukup berada di kamping kami yang mengelurkab jakat mereka untuk kami. Pemberian mereka beraneka ragam baik itu berupa uang, makanan ringan, sembako dan pakaian bekas. Aku selalu sibuk membuka bungkusan yang berisi baju bekas berharap tahun ini akan banyak baju baju yang cocok untuk aku. 
Selama aku kecil ibu dan ayahku tidak pernah membelikan aku baju untuk lebaran mereka hanya mengharapkan memberian dari para dermawan. Aku sama sekali tidak pernah mengeluh dengan apa yang Allah berikan padaku. Aku sangat menyayangi kedua orang tuaku. Meski mereka tidak memiliki banyak uang dan tidak bisa menyekolahkan aku tapi mereka sangat menyayangiku, mereka tidak pernah memarahiku meski aku kadang berbuat kesalahan. Ayah dan Ibuku selalu berkata "Maafkan kami nak, kami tidak bisa memberikan apa-apa untukmu" "Enggak, Ty tidak minta apa-apa sama Ayah dan Ibu, Ty sudah sangat bahagia punya Ayah dan Ibu disini sama Ty" Jawabku saat itu jika mereka merasa bersalah atas ke tidak berdayaan mereka. Akupun tumbuh remaja.
Suatu hari seorang laki-laki datang ke gubuk kami dengan salah seorang saudara Ayahku yang menemaninya, aku hanya sedikit mendengar pembicaraan mereka dari balik dinding bambu yang membatasi ruang tamu kami dari tempat kami tidur. Aku membuatkan tamu kami teh dan membawanya ke luar dan meletakkannya di meja kecil.
"Ty....sini duduk di sebelah tante" Seru Tante Ema memanggilku saat aku ingin segera masuk setelah meletakkan teh untuk mereka. Aku hanya menundukkan kepalaku, dan duduk di sebelah tante Ema, meski aku tidak menatap, tapi aku dapat merasakan mereka semua memandangku.
"Ty, ini Dodi teman Tante, jangan nunduk gitu donk" Tante Ema menaikkan daguku dengan tangannya, mengarahkan mukaku agar tidak tunduk. Sekilas mataku memandang dan menundukkan kepalaku lagi. Mereka terdengar tertawa melihat tingkahku.
"Ty memang pemalu..." Seru Ibuku seakan memaklumi sikapku yang memang belum pernah bertemu dengan laki-laki dari dekat.
"Nda papa bu, saya mengerti.." Jawab Dodi singkat.
"Maaf tante, Ty mau ke dalam dulu" Aku langsung meranjak membawa bakiku meninggalkan mereka.
"Ty..!!" Ayah memanggilku
"Nda papa ka, mungkin ty akan terbiasa nanti, mungkin sebaiknya ini kita bicarakan ke kaka dan kaka ipar dulu" Tante Ema membiarkan aku masuk.
"Dodi ingin meminang Ty ka, kalau kaka dan kaka ipar tidak keberatan dan Ty menerimanya, Dodi sudah bekerja di sebuah pabrik di luar kota, dua minggu sekali dia pulang ke rumah kontrakannya di sebelah rumah saya, Dodi ingin mengakhiri masa lajangnya dengan meminta saya mencarikan calon istri, lalu saya teringat pada Melaty ponakanku yang sudah saatnya menikah"
"Iya Pak, Bu, saya bermaksud untuk meminang anak gadis ibu dan bapak"
"Kami akan membicarakan ini dengan Ty dulu, karena kami tidak ingin memaksanya menikah, semua tergantu Ty, jika dia mau, maka sudah semestinya kami sebagai orang tua menikahkannya dengan orang yang dia inginkan, yang tentunya bertanggung jawab" Jawab Ayahku.
"Iya, Melaty memang masih remaja namun jika dia mau menikah, kami tidak bisa melarang, selama nak Dido berjanji akan membahagiakan dia" Tambah Ibuku.
"Iya pak saya mengerti, saya juga tidak mau memaksa Ty, sebaiknya dibicarakan dengannya dulu, nanti kami akan kesini lagi, atau saya akan menanyakan dengan Tante Ema saja" Jawab Dido.
"Iya nanti Tante yang menanyakan lagi"
"Diminum tehnya..." Seru Ibuku, hening sesaat, tak lama Tante Ema dan Dido berpamitan pulang.
**
Enam bulan kemudian Dido meminangku, kami menikah di KUA dengan di hadiri keluarga Ayahku dan Ibuku, dan teman kerja Dido yang sekaligus menjadi saksi dari pihak mempelai pria. Orang tua Dido tidak menghadiri pernikahan sederhana kami karena mereka berada di luar pulau, Dido hanya sebatang kara di kampung kami, sejak dia di terima bekerja disini, dia langsung meninggalkan kampung halamannya. Tetelah menikah dia membawaku pindah ke rumah kontrakannya yang bersebelahan dengan Tante Ema. Aku bahagia meski masih belum begitu mengenal suamiku, mungkin karena aku belum begitu mengerti tentang cinta. Tante Ema sering mengunjungiku di siang hari, mengajariku menjadi istri yang baik, memasak bahkan cara melayani suami di ranjang. Tak terasa sudah 3 bulan aku menjadi istri Dido meski dia hanya seminggu sekali pulang kerumah kontrakan kami aku tidak pernah merasa kesepian, karena Tante Ema selalu menemaniku, dia banyak mengajariku dan menceritakan tentang kehidupan yang belum aku ketahui. Suatu sore seperti biasanya Tante Ema mengajakku mandi di sungai yang tidak jauh dari rumah, kami berjalan sambil membawa keranjang yang berisi sedikit pakaian kotor untuk di cuci. Tiba-tiba kepalaku sangat pusing dan perutku mual, akhirnya aku muntah.
"Ty...!!!! Kamu tidak apa2? Seru tante Ema yang langsung menghampiriku dan menggosok-gosok punggungku dengan tangannnya.
"Kepalaku pusing tante...." Jawabku terbata-bata sambil menahan pusing di kepalaku.
"Ayo kita pulang, mungkin kamu isi, sebaiknya kamu jangan terlalu banyak kerja berat" Tante Ema membantuku berdiri dan mengemasi pakaianku memasukkannya ke dalam keranjangku.
"Isi apa tante?" Jawabku polos berusaha berjalan mengiringi Tante Ema yang membawakan keranjangku.
"Mungkin kamu hamil, besok pagi kita ke puskesmas ya"
"Iya Tante..."
Esok harinya, Tante Ema membawaku ke puskesmas, setelah di periksa, ternyata aku sudah hamil satu bulan.
"Selamat ya Ty, Dido pasti senang mendengar kabar baik ini, nanti tante akan ke rumah orang tuamu menyampaikan kabar gembira ini"
"Iya tante..." Jawabku sambil mengiringi Tante Ema melangkahkan kaki.

**
Hari-hari terasa semakin lambat, aku tidak di bolehkan terlalu banyak beraktivitas berat, Ibu dan Ayahku bergantian dengan tante Ema menemaniku di rumah. Tidak seperti biasanya suamiku tidak pulang minggu ini, padahal kami sudah tidak sabar memberinya kabar gembira ini, karena aku sedang mengandung anak kami. Dia hanya menitipkan pesan pada rekan kerjanya yang kebetulan juga tinggal di kampung sebelah, kalau dia tidak bisa pulang karena mendapat giliran jaga. Aku hanya pasrah menanti suamiku, setiap minggu dia mengirimkan pesan melalui rekan kerjanya, bahkan tante Ema juga menyampaikan pesan kembali melalui rekan kerjanya tentang kehamilanku, menjelang akhir bulan suamiku menitipkan uang belanja untukku. Kirim mengirim pesan ini hanya berlangsung enam bulan, rekan kerja suamiku menyampaikan hal yang sangat mengejutkan aku dan keluargaku, dia mengatakan Dido harus pulang kampung karena Ibunya sakit keras, dia berpesan akan pulang setelah pulang dari kampungnya. Ibu dan Ayahku membesarkan hatiku, memintaku untuk bersabar dan jangan terlalu banyak berpikir macam-macam, kecemasan mereka tentu beralasan, karena aku hamil di usia yang sangat muda dan jauh dari suami, semakin hari aku hanya semakin murung, dengan perut yang semakin membuncit. Ibu dan Ayahku memintaku untuk tidur di rumah mereka lagi, karena mereka tidak bisa harus terus menemaniku di rumah, karena mereka harus kembali ke sawah dan ke ladang yang tidak terurus karena harus pulang pergi dari gubuk ke rumah kami yang jaraknya tidak dekat. Mereka harus berjalan menyusuri pinggir sungai selama 1 jam. Ayahku yang dulu tidak pernah mengeluh sakit, kini terlihat mulai lelah. Aku dapat melihat dari raut wajah orang tuaku yang sangat mencemaskanku. Tante Ema juga menyetujui niat orang tuaku, dan menyarankan aku untuk tinggal di rumah orang tuaku dulu sampai suamiku pulang. Tante Ema berjanji setiap seminggu sekali dia akan mengunjungi kami untuk menjenggukku dan mengantarkan aku ke puskesmas sebulan sekali untuk memeriksakan kandunganku. Kehadiran orang tuaku dan tante Ema tidak membuatku merasa terbuang karena mereka selalu ada untukku. Entah apa yang aku rasakan, sungguh aku tidak mengerti dan tidak bisa menjelaskannya. Hampir setiap malam aku menangis setiap kami memegangi perutku yang sudah semakin besar, apa suamiku tidak akan pulang? Apa dia pembohong besar? Kenapa setelah mendengar aku hamil dia malah tidak pulang? Bagaimana kalau dia tidak pulang? Bagaimana nasibku dan anakku? Pertanyaan itu mulai menghantuiku sejak kehamilanku menginjak usia tujuh bulan karena sudah empat minggu ini Tante Ema tidak mendapat pesan dari suamiku, dia hanya mengatakan suamiku mungkin lagi sibuk dan tidak sempat menyampaikan pesan ke rekannya yang pulang cuti. Aku semakin galau dan tidak menentu, hal ini berdampak pada kehamilanku, suamiku bahkan tidak mengirimkan uang belanjaku lagi. Delapan bulan kehamilanku Tante Ema menyampaikan pesan dengan berat hati, dia mengatakan suamiku sudah di pecat dari pekerjaannya dan memutuskan untuk pulang kamupung dulu, untuk menjual sawah milik ayahnya untuk modal usaha, setelah itu baru dia akan kembali menemui aku dan anaknya, kabar itu membuat aku sangat terpukul,dan tiba-tiba semuanya gelap. Aku tidak sadarkan diri sesaat, setelah sadar perutku terasa sangat sakit. Ibu dan ayahku begitu panik, Tante Ema langsung membantu kami untuk ke puskesmas. Mereka membantuku duduk di becak Ayahku. Merekapun mendorongku yang merintih kesakitan bahkan mulai pendarahan. Setibanya di puskesmas, aku langsung di tangani bidan puskesma yang mengatakan aku akan melahirkan lebih awal dari jadwal. Kondisiku yang semakin lemah membuat bidan kesulitan membantuku melahirkan. Setelah dua belas jam aku akhirnya melahirkan bayiku dengan sedikit sisa tenagaku. Aku tidak mendengar suara tangisan bayiku, bidan langsung membawanya keluar pintu dan di iringi Ibuku, Tante Ema menemaniku sambil mengelap keringat di wajahku dengan sebuah handuk kecil.
"Ibu istirahat dulu, anak ibu laki-laki, dia masih dalam kondisi lemah dan harus di rawat di tabung inkubator karena lahir prematur" Kata bidan setelah masuk dan memberisikkanku.
"Apa dia akan baik-baik saja bu?" Tanyaku cemas dan menangis.
"Kami akan berusaha semaksimal mungkin" Jawab Bidan yang kemudian meninggalkan ruangan.
"iya bu..., terima kasih.." Jawabku lagi sambil menahan air mataku.
"Sabar ya Ty, bayimu akan baik-baik saja, Ty jangan terlalu banyak mikir, Ty harus banyak istirahat dan berdo'a" Tante Ema memelukku dan menenangkanku.
"Iya tante.."
"Tante mau pulang dulu ya, biar Ibumu yang menemanimu disini" Tante Ema keluar kamar dan Ibuku masuk menggantikannya.
"Makan dulu nak.." Ibuku mengambilkan bubur yang di letakkan perawat di meja.
"Bu..gimana keadaan bayiku?"
"Dia baik-baik saja, dia mirip sekali denganmu nak" Ibuku tersenyum.
"Ayah mana bu?" Ayahmu di luar, dia tertidur di kursi karena kelelahan"
"Kasian Ayah bu, apa kalian sudah makan?"
"Ty makan aja dulu, Tante Ema nanti balik membawakan kami makanan"
"Tapi bu..Ty enggak mau makan kalau ibu dan ayah belum makan.."
"Ty..harus makan dan minum obat, biar ty cepat pulih dan bisa cepat pulang bersama cucu Ibu"
"Iya bu.."
**
Satu bulan sudah usia bayiku. Aku masih belum bisa merawat bayiku sendiri, Tante Ema dan Ibuku bergantian merawatnya, dan membawanya ke puskesmas untuk di periksa. Bayiku sangat lemah, aku hanya bisa menggendongnya saat memberinya asi. Bayiku semakin hari semakin lemah, kami membawanya ke puskesmas namun sayang bayiku tidak bisa di selamatkan. Dia meninggal. Aku semakin terpukul, suamiku seakan hilang di telan bumi, aku tidak kuat lagi dengan semua itu, aku pun berusaha mengakhiri hidupku, agar aku bisa berkumpul dengan bayiku, entah setan apa yang ada dalam benakku, aku berusaha gantung diri namun usahaku di gagalkan oleh orang tuaku yang mendapatiku tengah menaiki kursi dan sudah memasukkan leherku ke tali yang sudah aku ikat. Mereka menangis dan memintaku untuk tegar. Aku pun tersentak melihat wajah orang tuaku, kenapa aku harus menyerah dan mengakhiri hidupku, aku masih punya mereka yang sangat menyayangiku, jika aku mati, tentu mereka juga akan sangat terpukul, karena aku anak satu-satunya. Aku pun memeluk mereka erat-erat dan kami menagis bersama.
Mereka membawaku pulang ke gubuk kami. Setahun sudah setelah kepergian bayiku Tante Ema sangat merasa bersalah dan menyarankan aku untuk menggugat suamiku di KUA, gugatanku diterima dan akupun resmi menjanda. Lambat laun aku sudah mulai bisa hidup normal, menjalani semuanya dengan hati ikhlas, bersama kedua orang tuaku hatiku sangat bahagia. Suatu hari, Tante Mar, saudara ibuku, pulang kampung setelah bertahun tahun merantau di kalimantan, dia mengunjungi gubuk kami bersama anak-anak dan suaminya. Ibuku bersuka cita karena setelah sekian lama tidak bertemu saudaranya satu-satunya itu. Sejak menikah dengan suaminya dia langsung di bawa ke kalimantan. Dia bekerja di sebuah perusahaan sebagai seorang supir yang gajinya cukup besar. Tante Mar langsung menyuruh tukang untuk membangunkan kami pondok sederhana dari papan dan lebih besar dari gubuk bambu kami sebelumnya. Kini aku sudah tidur di kamarku sendiri, Ibu dan Ayahku pun tidur di kamar mereka. Tante Mar banyak membantu kami, kami sangat berterima kasih. Tante Mar sempat mengajakku ke Kalimantan agar bisa mencari pekerjaan dan bisa membantu orang tuaku, namun aku menolaknya, karena aku tidak ingin meninggalkan orang tuaku, meski mereka tidak melarangku untuk merantau, mereka menyerahkan keputusan di tanganku, namun aku tetap tidak mau meninggalkan mereka.
Tante Mar hanya sebulan di kampung kami, merekapun berpamitan pulang ke Kalimantan, dia meninggalkan sedikit uang dan alamat.
"Siapa tau berubah pikiran, Ty bisa mencari tante di alamat ini" Tante Mar menyerahkan secarik kertas yang bertuliskan alamat rumahnya.
"Iya tante.., makasih tante.., semoga selamat sampai tujuan" Aku mencium tangannya, pipi kiri dan kanannya. 
"Sampai ketemu lagi de..." Aku mencium Viola dan Noval, anak Tante mar yang masih kecil kecil. Viola berumur 4 tahun dan Noval masih berumur 2 tahun.
"Dadah..kaka..." Jawab mereka sambil melambaikan tangannya. 
Noval di gendong Ayahnya Om Wili dan Viola di gandeng Tante Mar sambil mengiri langkah Ibunya menuju Mobil yang mereka carter untuk ke kota. Kami melambaikan tangan sejauh mata kami memandangi mobil yang membawa mereka semakin menjauh dan tak terlihat. Mereka harus menempuh perjalanan 2 jam menuju kota dan melanjutkan perjalanan ke Kalimantan via kapal laut.
**
Bersambung....
Written by @rusnihasyimi
Des 2013

No comments:

Post a Comment

Youtube's Channel

HARUSKAH KU JANDA TUJUH KALI?

Tinggal di sebuah kampung yang sangat terpencil dan jauh dari kota. Aku tinggal bersama ibu dan ayahku, kami hidup serba kekurangan kare...